Kamis, 12 Februari 2009

Program Kerja KKG Gugus IV Kec. Palengaan-Pamekasan






KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
· A.Latar belakang masalah
· B.Permasalahan dan pemecahannya
· C.Landasan
· D.Tujuan

BAB II.
TEHNIK PELAKSANAAN KELOMPOK KERJA GURU
GUGUS III KECAMATAN PALENGAAN
· A.Pola kerja KKG
· B.Ruang lingkup latihan kerja
· C.Tempat latihan kerja KKG
· D.Alokasi waktu
· E.Metode yang dipergunakan
· F.Tenaga yang terlibat dalam keanggotaan KKG

BAB III. SUSUNAN PENGURUS DAN RENTANGAN TUGAS
· Pengurus inti
· Pemandu mata pelajaran
· Pemandu kelas

BAB IV VISI DAN MISI KKG GUGUS IV

BAB V. PROGRAM KERJA GUGUS

BAB VI PENUTUP


KATA PENGANTAR



Puji syukur kehadlrat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat,hidayah dan taufiqnya kepada kami, sehingga kami segenap pengurus KKG gugus IV telah merampungkan program kerja tahunan untuk tahun pelajaran 2004/2005 yang nantinya akan kami fungsikan sebagai bahan acuan dan arahan dalam melaksanakan kegiatan KKG di gugus kami.Program kerja ini merupakan salah satu usaha kami dalam menterjemahkan kebijakan yang bersifat nasional ataupun yang bersifat regional,sehingga segala yang menjadi tujuan dari segenap pihak yang berkepentingan dalam dunia pendidikan dapat memenuhi harapan.
Penyusunan program kerja ini disusun berdasarkan tugas,tanggung jawab dan peranan kami sebagai fungsionaris yang terjun langsung di pendidikan tingkat dasar yang sangat menentukan berhasilnya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien yang nantinya akan bermuara pada peningkatan kualitas profesional guru pada pelaksanaan proses pembelajaran dikelas,sehingga mempunyai dampak positif terhadap peningkatan prestasi siswa disekolah baik pada kegiatan intra kurikuler maupun kegiatan extra kurikuler.
Tentu saja dalam susunan program kerja ini tidak sepenuhnya terlepas dari berbagai macam kekeliruan karena kami hanyalah manusia biasa dan kami akan berusaha seoptimal mungkin untuk memperbaikinya dalam pelaksanaan program ini nanti setelah ada kritik ataupun saran baik dari rekan-rekan guru,kepala sekolah maupun instansi terkait lainnya yang sangat berkepentingan dengan dunia kependidikan.
Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pengawas TK/SD di gugus IV kecamatan Palengaan yang banyak memberikan bantuannya dalam penyusunan program kerja ini, serta tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang juga membantu dalam penyelesaian program kerja KKG ini.


Palengaan, 17 Juli 2008
Pengurus KKG Gugus IV
Ketua

Mochtar A.Ma.Pd
Nip : 131 335 843

Sekretaris


Drs.Khairul Iksan
Nip : 131 986 053

BAB I
PENDAHULUAN

A . LATAR BELAKANG
Sekolah dasar merupakan pendidikan awal dan menjadi dasar dari segala pendidkan yang ada diatasnya,maka diperlukan pendidikan yang professional, sehingga peserta didik betul-betul bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang ada diatasnya.Selan itu Sekolah dasar juga mempersiapkan peserta didiknya agar dapat terjun dalam masyarakat dan dapat mengembangkan sikap belajar sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan seumur hidup.Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam GBHN,Tap MPR No.II MPR/ 1988 yang berbunyi : “Pendidikan adalah merupakan proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia.Pendidikan berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan dilingkungan keluarga,sekolah dan masyarakat.Karena itu pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga,masyarakat dan pemerintah”.
Sebagai lembaga pendidikan yang paling bawah,sekolah dasar merupakan ujung tombak untuk mengkader peserta didik secara optimal dan berdaya guna,yang hal ini memerlukan kualitas dan kuantitas dari semua komponen pendidikan yang terkait didalamnya.Berbagai usaha mutlak diperlukan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diidam-idamkan oleh segenap insane pendidikan.
Adapun komponen pendidikan yang mempunyai peranan penting di lembaga pendidikan adalah kepala sekolah yang berfungsi sebagai supervisor disamping sebagai tenaga pembimbing terhadap guru yang berada di lingkungan sekolah tersebut.Sedangkan yang berhadapan langsung dengan peserta didik dan yang bertanggung jawab atas keberhasilan anak dalam pendidikan adalah guru,dan gurulah yang paling banyak berinteraksi didalam kelas begitu juga orang yang paling menentukan kondisi kelas karena pengelolaan kelas sangat tergantung kepadanya,semakin baik perencanaan dan pelaksanaannya maka akan semakin baik pula hasil yang akan diperolehnya.
Demikian pula peran serta Orang tua peserta didik juga sangat dibutuhkan untuk keberhasilan suatu pendidikan,bahkan Orang tua merupakan pendidik utama dan pertama dalam pendidikan murid di rumah sekaligus penentu jalannya pendidikan peserta didik di rumah,sebagaimana yang diisyaratkan dalam Hadits Nabi Muhammad SAW,”

Artinya : “ Dari Abi Hurairoh R,A. Dia berkata,”Rosulullah SAW Bersabda,Tidak ada seorangpun yang dilahirkan kecuali Dia itu lahir atas fitroh (suci/Islam Pen.),Lalu kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi,Nashoro dan Musyrik. (Hadits ini Kami keluarkan dalam syarah shoheh Muslm Juz 16 hal.177-178)



B . PERMASALAHAN DAN PEMECAHANNYA
Memperhaikan peranan dan fungsi segenap komponen sekolah sebagaimana tersebut diatas,maka kami perlu mengemukakan beberapa permasalahan sekaligus pemecahannya sebagaimana berikut :.
v Adanya perbedaan diantara guru dalam menguasai materi pelajaran serta perlunya perbaikan metode pembelajaran,penggunaan media/alat dan system Evaluasi belajar.
v Adanya perbedaan persepsi tentang penguasaan terhadap kurikulum berbasis kompetensi.
v Dari hasil pemantauan di lapangan dijumpai beberapa indikator bahwa belum semua guru memiliki kemampuan mendalami materi pelajaran untuk dijabarkan menjadi materi esensial,dalam arti bahwa dalam PBM belum sepenuhnya menggunakan pendekatan – CBSA dan KBK, peran guru sebagai dinamisator belajar siswa belum diterapkan,sementara metode ceramah dan tanya jawab masih sangat dominan digunakan.
v Para guru belum sepenuhnya menggunakan buku-buku sumber dan buku-buku pelengkap sebagai sumber belajar siswa dan belum dibiasakan menggunakan media belajar.
v Bertitik tolak dari masalah-masalah tersebut diatas maka kelompok kerja guru (KKG) dipilih sebagai suatu model dalam upaya mengentaskan dan meningkatkan kemampuan guru.karena selama beberapa tahun terakhir ini program KKG khususnya di Gugus IV kecamatan Palengaan tidak dapat berjalan dengan efektif dan efisien,sehingga perlu dukungan dari semua pihak utamanya dari lembaga yang terkait.
v Dengan latihan kerja guru melalui forum KKG usah membina dan meningkatkan kemampuan guru khususnya guru di Gugus IV Kecamatan Palengaan diharapkan dapat berjalan lebih efektif dan efisien,dengan dana yang relatif kecil dapat menjangkau sasaran yang lebih luas.dengan forum ini pula para guru dapat belajar dan bertukar pengalaman serta berlatih bersama-sama dengan prinsip dari guru,oleh guru dan untuk guru.


C. LANDASAN
Dalam penyusunan program kerja gugus ( KKG) ini kami berlandaskan pada :
? Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS
? Peraturan pemerintah Nomor 19 tahun205 tentang Standar Pendidikan Nasional
? Permendiknas No. 22,23,24 tahun 2006 tentang Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, dan Pelaksanaan SI dan SKL.
? Pengarahan Ka.Cab.Din. P & K kec.Palengaan.
? Saran dan petunjuk teknis dari pengawas TK/SD Kec.Palengaan.
? Masukan dari para kepala sekolah khususnya se-gugus IV Kec.Palengaan.
? Masukan dari para rekan guru se gugus IV Kec.Palengaan

D. TUJUAN
Penyusunan program kerja ini bertujuan :
1. Untuk dapat memperlancar upaya peningkatan mutu pengetahuan,wawasan,kemampuan dan keterampilan professional para tenaga kependidikan.
2. Sebagai Wahana dan wadah dari guru untuk memecahkan persoalan-persoalan pembelajaran disekolah masing-masing.
3. Wadah penyebaran informasi,inovasi dan pengembangan professional guru.
4. Mengkoordinasikan dan mengakomodasikan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan peranannya guna meningkatkan penyelenggaraan pendidikan.
5. Sebagai piranti atau pemersatu segenap warga gugus IV Kec.Palengaan.


BAB II
TEHNIK PELAKSANAAN KELOMPOK KERJA GURU
GUGUS IV KECAMATAN PALENGAAN

A. POLA KERJA KKG
1. Belajar mandiri baik secara individual maupun kelompok.
2. Dari guru ,oleh guru dan untuk guru serta dikembangkan untuk anak didik, dalam arti segala permasalahan yang diajukan peserta dipecahkan oleh guru dan dimanfaatkan untuk guru.Permasalahan tersebut bisa berupa materi proses belajar mengajar,sistem penilaian atau komponen lain yang ada hubungannya dengan PBM.
3. Setiap permasalahan dipecahkan bersama melalui diskusi kelompok dengan tahapan sebagai berikut :
· Latar belakang masalah
· Identifikasi masalah
· Pembahasan masalah
· Perumusan masalah
· Mencari alternatif pemecahan
· Memilih alternatif pemecahan yang dianggap paling baik
· Menentukan langkah-langkah kegiatan

B. RUANG LINGKUP LATIHAN KERJA
1. Pendalaman materi untuk memperluas wawasan melalui ceramah / penyajian nara sumber,diskusi dan sumber belajar lainnya.
2. Menganalisis materi dengan menggunakan format yang telah ditentukan untuk mengetahui ruang lingkup bahan dan alokasi waktu yang diperlukan.
3. Mendalami pendekatan CBSA dan KBK serta metode-metode yang mendukungnya
4. Mendalami system evaluasi yang menyangkut ranah Kognitif,Affektif dan Psikomotor.
5. Mendalami tehnik penyusunan program semester.
6. Mendalami pemanfaatan Media dan alat pelajaran guna menunjang keberhasilan PBM.
7. Mendalami tehnik menyusun soal setiap semester.

C. TEMPAT LATIHAN KERJA KKG
1. Di sekolah yang menjadi PKG ( SD inti )
2. Sekolah yang ditunjuk

D. ALOKASI WAKTU
1. Untuk latihan kerja KKG di Gugus IV kecamatan palengaan dilaksanakan sebanyak 15 kali pertemuan,yang pada tiap pertemuan membutuhkan waktu 2 jam.
2. Bila waktu yang direncanakan masih belum mencukupi,maka akan ditambah sesuai dengan kebutuhan.

E. METODE YANG DIPERGUNAKAN DALAM KKG
1. Diskusi, baik secara individual maupun kelompok.
2. Studi kasus untuk memecahkan masalah
3. Pemberian tugas atau latihan
4. Simulasi
5. Karya wisata

F. TENAGA YANG TERLIBAT DALAM KEANGGOTAAN KKG
1. Nara sumber,pakar-pakar / pembina pendidik yang meliputi :
· Kepala Cabang Dinas P & K Kecamatan palengaan
· Pengawas TK/SD Kecamatan Palengaan
· KKKS sewilayah kecamatan Palengaan
· Guru-guru yang dianggap mampu dari sekolah-sekolah yang masuk dalam Gugus IV
2. Pakar-pakar pendidikan dari luar kecamatan palengaan apabila diperlukan



BAB III

SUSUNAN PENGURUS , UNIT KERJA, DAN RENTANGAN TUGAS

Pengurus Inti
· K e t u a : Mochtar A.Ma.Pd. ( Guru SDN.Kacok II )
· Sekretaris : Drs.Khairul Iksan ( Guru SDN.Rombuh I )
· Bendahara : Sukayyah, A.Ma.Pd. ( Guru SDN.Kacok I )


Pemandu Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama : Juma’i ( SDN. Rek-kerrek II )
2. PPKN : Emy Suciati A.Ma.Pd. ( Guru SDN.Kacok I )
3. Bahasa Indonesia : Rusdi, S.Pd. ( Guru SDN.Rombuh I )
4. Matematika : Hadi Siswanto, A.Ma.Pd ( Guru SDN.Rek-kerek I )
5. IPA : Junaidi A.Ma.Pd ( Guru SDN.Rek-kerek IV )
6. IPS : Sri Sudiati A.Ma.Pd. ( Guru SDN.Kacok II )
7. Kertakes : Makmun ,A.Ma.Pd. ( Guru SDN. Rek-Kerek IV )
8. Penjaskes : Moh. Jufri , S.Pd. ( Guru SDN.Kacok I )
9. Mulok Wajib : Rofii (Guru SDN.Rek-kerek II )
10. Mulok Pilihan : Abd.Mutallib A.Ma.Pd. ( Guru SDN.Rek-kerek IV )

Pemandu Kelas
? Kelas I : Emi Suciati A.Ma.Pd. (Guru SDN.Kacok I )
? Kelas II : Abd.Mutallib A.Ma.Pd. ( Guru SDN.Rek-Kerek IV )
? Kelas III : Junaidi,A.Ma.Pd. ( Guru Kacok I )
? Kelas IV : Hasbullah A.Ma.Pd ( Guru SDN.Rek-Kerek I )
? Kelas V : Hasnan Arifin S.Pd. ( Guru SDN. Rek-Kerek I )
? Kelas VI : Subaidah, A.Ma.Pd. ( Guru SDN.Rombuh I )


BAB IV
VISI DAN MISI KKG GUGUS IV
KECAMATAN PALENGAAN KABUPATEN PALENGAAN
1) Visi
“UNGGUL DAN TERAMPIL DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DI PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR BERDASARKAN IMAN DAN TAQWA, SERTA MENJADI KKG YANG TERBAIK DI TINGKAT KECAMATAN DAN KABUPATEN ”.
Indikator
· Meningkatnya pengembangan kurikulum satuan pendidikan yang mampu mengakomodasi kebutuhan peserta didik dan masyarakat tahun 2007 / 2008.
· Terwujudnya peningkatan sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan.
· Meningkatnya proses pembelajaran
· Terwujudnya rencana induk pengembangan sarana prasarana pendidikan
· Terwujudnya peningkatan kualitas lulusan dalam bidang akademik maupun non akademik
· Terwujudnya pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dan peningkatan mutu kelembagaan.
· Terlaksananya pengembangan implementasi pembelajaran IPA dengan menggunakan sumber belajar sekitar sekolah.
2) Misi
1. Melaksanakan pengembangan kurikulum :
o Melaksanakan pengembangan kurikulum satuan pendidikan
o Melaksankan pengembangan pemetaan kompetensi dasar semua mata pelajaran.
o Melaksanakan pengembangan silabus.
o Melaksanakan pengembangan rencana pembelajaran.
o Melaksanakan pengembangan sistem penilaian.
2. Melaksanakan Pengembangan Tenaga Kependidikan
o Melaksanakan pengembangan profesionalitas guru
o Melaksanakan peningkatan kompetensi guru
o Melaksanakan peningkatan kompetensi tenaga kependidikan.
3. Melaksanakan Pengembangan Proses pembelajaran.
o Melaksanakan pengembangan metode pengajaran.
o Melaksanakan pengembangan strategi pembelajaran
o Melaksanakan pengembangan strategi penilaian.
o Melaksanakan pengembangan bahan ajar / sumber pembelajaran.
4. Melaksanakan Rencana Induk Pengembangan Fasilitas Pendidikan
o Mengadakan media pembelajaran
o Mengadakan sarana prasarana pendidikan.
o Menata lingkungan belajar sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif.
5. Melaksanakan Pengembangan/Peningkatan Standar Ketuntasan dan Kelulusan.
6. Melaksanakan Pengembangan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah.
o Melaksanakan MBS.
o Melaksanakan monitoring dan evaluasi.
o Melaksanakan supervise klinis.
7. Melaksanakan Program Penggalangan Pembiayaan Sekolah
o Melaksanakan Pengembangan Jalinan Pinjaman Dana
o Melaksanakan Usaha Peningkatan Penghasilan Sekolah
o Pendayagunaan Potensi Sekolah (Lingkungan )
o Melaksanakan Program Subsidi Silang.
8. Melaksanakan Pengembangan Penilaian
o Melaksanakan Pengembangan Perangkat/ Model-Model Pembelajaran
o Melaksanakan program evaluasi pembelajaran
o Menyiapkan siswa melalui kegiatan pengembangan bidang akademis, non akademis dan imtaq.
o Mengikuti kegiatan lomba akademis dan non akademis dan keagamaan.
9. Melaksanakan Program Pengembangan / Implementasi Pembelajaran IPA.
o Melaksanakan kegiatan peningkatan mutu, konstusifitas belajar lingkungan sekolah.
o Meningkatkan profesionalisme dan kompetensi guru IPA.
o Mengadakan dan mengembangkan fasilitas pembelajaran.
o Mengembangkan manajemen pengelolaan.
3) Tujuan
1. Sekolah Mengembangkan Kurikulum
o Mengembangkan kurikulum satuan pendidikan pada tahun 2006.
o Mengembangkan pemetaan SK, KD, Indikator untuk kelas 1 s.d 6 pada tahun 2007.
o Mengembangkan RPP untuk kelas 1 s.d 6 semua mata pelajaran.
o Mengembangkan sistem penilaian berbasis kompetensi.
2. Sekolah Mencapai Standar Isi (Kurikulum) pada tahun 2008.
3. Sekolah memiliki/mencapai standart proses pembelajaran meliputi tahun 2007
o Melaksanakan pembelajaran dengan multimedia dan multistrategi.
o Melaksanakan pendekatan belajar tuntas.
o Melaksanakan pembelajaran inovatif.
4. Sekolah memiliki/mencapai standart pendidikan dan tenaga kependidikan sesuai SPM pada tahun 2008.
5. Sekolah memiliki/mencapai standart sarana/prasarana/fasilitas pada tahun 2009.
6. Sekolah memiliki/mencapai standar pengelolaan sekolah.
7. Sekolah memiliki/mencapai standart pencapaian ketuntasan kompetensi/prestasi/ lulusan.
8. Sekolah memiliki/mencapai standart pembiayaan sekolah.
9. Sekolah memiliki/mencapai standart sekolah nasional bertaraf Internasional
4. Program Strategis
1. Pengembangan standart Isi/Kurikulum.
o Pengembangan kurikulum satuan pendidikan .
o Pengembangan silabus.
o Pengembangan RPP.
o Pengembangan pemetaan Sk, KD.
o Pengembangan system penilaian.
2. Pengembangan dan peningkatan SDM pendidikan dan tenaga kependidikan.
3. Pengembangan standart proses pembelajaran
4. Pengembangan sarana, prasarana dan media pembelajaran.
5. Pengembangan standart pencapaian ketuntasan/kelulusan optimal.
6. Pengembangan manajemen sekolah dan kelembagaan.
7. Pengembangan komite sekolah dan pembiayaan pendidikan.
8. Pengembangan kegiatan lomba akademik dan non akademik.
Strategi Pelaksanaan :
Program-program Strategis dapat dicapai melalui strategi :
1. Sosialisasi.
2. Kerjasama yang sinergis
3. Diklat (Inservice Training/on service training)
4. Workshop.
5. Seminar.
6. Pengaktifan KKG.
7. In house training.
8. Pembinaan potensi siswa
o Ekstrakurikuler
o Lomba-lomba
9. Pembekalan
10. Pemberdayaan.
11. Studi banding
12. Pengadaan pembangunan.
Hasil Yang Diharapkan.
1. Terpenuhinya Kurikulum Sekolah sesuai PP No 19 tahun 2005 pada tahun 2010.
o Tersusunnya kurikulum tingkat satuan pendidikan.
o Pemetaan SK/KD, aspek, indikator
o Silabus untuk semua mata pelajaran kelas 1 – 6.
o Sistem penilaian untuk semua mata pelajaran kelas 1 -6.
o Rencana program pembelajaran untuk semua mata pelajaran kelas 1 – 6.
2. Terpenuhinya tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan sesuai SNP pada tahun 2009.
3. Terpenuhinya standard proses pembelajaran yang menggunakan multimedia dan multistrategi dalam proses sesuai SNP.
4. Terpenuhinya sarana prasarana dan media pendidikan sesuai SNP :
o Ruang kelas pada tahun 2008
o Ruang computer pada tahun 2009.
o Ruang lab IPA pada tahun 2010.
o Media pendidikan pada tahun 2010.
5. Tercapainya standart ketuntasan dan kelulusan sesuai SNP pada tahun 2010.
6. Terwujudnya MBS sesuai SNP dan mutu kelembagaan.
7. Terpenuhinya standart pembiayaan pendidikan sesuai SNP pada tahun 2010.
8. Terlaksananya standart penilaian melalui implementasi model-model penilaian dan lomba-lomba potensi akademis, non akademis dan imtaq.
9. Terlaksananya implementasi pembelajaran IPA dengan menggunakan sumber belajar sekitar sekolah menuju sekolah nasional bertaraf internasional pada tahun 2010.

BAB V
RAB DAN PROGRAM KERJA SMT II KKG GUGUS IV KECAMATAN PALENGAAN
TAHUN PELAJARAN 2008-2009

1. KEGIATAN BIAYA
Pengadministrasian siswa baru Rp 10,000
Pembenahan perangkat kelas Rp 10,000
Diskusi Rp 20,000
Penyusunan Program semester Rp 50,000
Penyusunan Silabus Rp 75,000
Penyusunan Rencana Pembelajaran Rp 100,000
Penyusunan kisi-kisi ulangan harian /semester Rp 10,000
Evaluasi dan analisis Rp 10,000
Bimbingan dan penyuluhan Rp 10,000
Perbaikan dan pengayaan Rp 10,000
Penyusunan soal harian / semester Rp 100,000
Pemanfaatan media pembelajaran Rp 50,000
Pendalaman materi Rp 50,000
Extra kurikuler Rp 25,000
Pendalaman Model Keterkaitan Mapel dgn Imtaq
JUMLAH Rp 565,000

2. KEGIATAN
Pengisian format inventarisasi kelas Rp 10,000
Pengadministrasian siswa baru Rp 10,000
Pembenahan perangkat kelas Rp 10,000
Diskusi Rp 10,000
Penyusunan Program semester Rp 25,000
Penyusunan Silabus Rp 75,000
Penyusunan Rencana Pembelajaran Rp 100,000
Penyusunan kisi-kisi ulangan harian /semester Rp 25,000
Evaluasi dan analisis Rp 10,000
Bimbingan dan penyuluhan Rp 10,000
Perbaikan dan pengayaan Rp 100,000
Penyusunan soal harian / semester Rp 100,000
Pemanfaatan media pembelajaran Rp 10,000
Pendalaman materi Rp 20,000
Pendalaman Model Keterkaitan Mapel dgn Imtaq Rp 10,000
JUMLAH Rp 535,000


RAB DAN PROGRAM KERJA SMT II KKG GUGUS IV KECAMATAN PALENGAAN
TAHUN PELAJARAN 2008-2009

1. KEGIATAN BIAYA
Pengadministrasian siswa baru Rp 10,000
Pembenahan perangkat kelas Rp 10,000
Diskusi Rp 10,000
Penyusunan Program semester Rp 25,000
Penyusunan Silabus Rp 75,000
Penyusunan Rencana Pembelajaran Rp 100,000
Penyusunan kisi-kisi ulangan harian /semester Rp 25,000
Evaluasi dan analisis Rp 10,000
Bimbingan dan penyuluhan Rp 10,000
Perbaikan dan pengayaan Rp 10,000
Penyusunan soal harian / semesterRp 100,000
Pemanfaatan media pembelajaran Rp 20,000
Pendalaman materi Rp 20,000
Extra kurikuler Rp 20,000
Pendalaman Model Keterkaitan Mapel dgn Imtaq Rp 10,000
JUMLAH Rp 465,000
JUMLAH DANA KESELURUHAN Rp 1,565,000

BAB VI
PENUTUP

Program latihan kerja KKG ini adalah sebagai bahan acuan pokok yang akan dipergunakan dalam pertemuan guru-guru,baik guru kelas maupun guru bidang studi sejenis untuk berlatih dan bekerja.
Selain itu program ini juga berungsi sebagai arahan untuk mengentaskan dan meningkatkan kreatifitas guru khususnya di gugus IV dengan harapan agar mutu profesionalisme guru dan kualitas pendidikan benar-benar tercapai seoptimal mungkin.

Akhirnya kalau ada kekurangan itu semata-mata karena kelemahan kami pengurus
Sebagai manusia biasa yang tidak pernah lepas dari kekurangan dan kesalahan,sebagaimana sering dikatakan dalam dunia Islam



“Manusia tidak akan terlepas dari salah dan lupa”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar